Senin, 10 Maret 2008

Tyo lagi curhat

Nyokap Gue Ngajarin Toleransi

Wah mo lanjut lagi ah nambahin coretannya..Sekarang temanya, emmh..gw mo sedikit nostalgia dengan cerita-cerita lama mulai dari sisi kehidupan gw sejak kecil,tapi seinget gw aja yach coz kalo cerita sejak bayi..pastinya gw kagak bakal bisa inget deh..maklum ingatannya payah .
Gw punya riwayat hidup yang agak unik coz maybe gak semua orang ngalamin seperti kisah hidup gw..hiks..hiks, jadi sedih euy tapi emang iya siy beneran sedih lho. Jadi gw itu lahir sebagai anak dari istri kedua bokap gw. Bokap seorang anggota TNI AL dan nyokap gw hanya seorang wanita sederhana yang punya latar belakang kehidupan cukup memilukan. Bapaknya nyokap gw sebenarnya seorang dokter umum and ibunya nyokap gw seorang guru di salah satu SMA di daerah JATENG. Tapi kira-kira umur nyokap ± 8 th, ortunya devorce alias cerai!! Bapaknya kawin lagi n ibunya kawin lagi.


So akhirnya nyokap gw ikut tantenya karena ortunya kagak ada yang mau "diikutin". Nah di rumah tantenya itu nyokap gw bener-bener hidup sangat prihatin coz posisinya yang “numpang hidup” itulah yang membuat nyokap harus banting tulang jadi “pengganti pembantu” di rumah tantenya sampe2 pendidikan pun sangat minim coz nyokap SMP aja kagak lulus, ya wajarlah alasannya tidak ada biaya or lebih tepatnya kagak ada yang mau biayain. Padahal nyokap sebenarnya otaknya cerdas juga, gw masih inget sampai gw sekolah di SMP nyokap gw masih ngajarin gw pelajaran matematika..padahal dia sendiri SMP kagak lulus n sekarang di lingkungan RT nyokap masih manjadi bendahara abadi..hehe, lagian kagak ada yang mo gantiin!!!
Back lagi yach..jadi singkat cerita rumah tante nyokap gw itu berdekatan dengan rumah bokap gw, dan kebetulan juga setiap ada acara pentas seni di markas TNI AL dimna bokap gw dines, nyokap sering tampil nyanyi bareng temen-temennya gereja coz nyokap itu Katolik. Jadi singkat cerita bokap semakin simpati coz tetangganya yang dia pikir pembantu itu ternyata punya kelebihan juga. Karena pada waktu itu bokap juga ternyata masih bermasalah dengan istri pertamanya maka bokap coba dekatin nyokap waktu itu sehingga mereka jadi ada hubungan. Kalo menurut bokap siy ada unsur kasian juga melihat nyokap yang hidup menderita sejak lama. Akhirnya bokap minta nyokap untuk mau nikah dengannya n terjadilah pernikahan itu dan jangan salah lho, dari sejak awal mo nikah bokap sudah berkali-kali jujur dengan istri pertamanya walaupun tidak setuju pada awalnya tapi akhirnya dengan sangat terpaksa istri pertamanya pun menyetujui. Anak sulung bokap dari istri yang pertama juga sering jumpa dengan nyokap gw waktu itu. Jadi pernikahan pun dilangsungkan walaupun bokap n nyokap tidak satu iman coz bokap Islam n nyokap Katolik. Singkat cerita karena nyokap hanya seorang istri kedua jadi bokap pun jarang pulang ke rumah. Ya paling2 seminggu 3x lah pulang. Dan itu terus berlangsung sampe gw dewasa.
Terus terang aja ya, dari sisi perhatian ortu tentunya gw ini kurang perhatian coz bokap jarang ada di rumah. Jadi tanggung jawab mendidik anak sebagian besar di pegang oleh nyokap gw. Tapi sekali lagi salut buat nyokap gw yang dengan sabar n bijaksana mendidik gw samapai saat ini dengan penuh kasih.
Tapi walaupun nyokap gw Katolik, nyokap sejak gw masih kecil gak pernah maksa gw untuk jadi Katolik atau Kristen, dia berikan pilihan yang sebebas-bebasnya kepada anak2nya mau pilih mana yang terbaik menurut mereka meskipun pada akhirnya nyokap gw sekarang masuk Islam juga siy karena sebuah proses pencarian yang cukup panjang. Gw masih inget betul, dulu sering diajak nyokap ke gereja tapi nyokap juga sering nyuruh gw ke masjid coz kebetulan rumah gw gak jauh dari masjid. Dari situ gw baru tau bahwa nyokap mau ngajarin anaknya untuk bisa punya rasa toleransi kepada siapapun dan mengembangkan sikap perduli kepada siapun orangnya, apapun agamanya, apapun suku dan etnisnya. Tapi memang gw akui, gw waktu itu lebih tertarik untuk belajar Islam coz waktu itu ada adiknya nyokap yang jago baca al-Quran, kalo lagi Qiraat..wah pokoknya the best deh.. dan gw senang sekali belajar dengan dia. Perlu diketahui juga, adik nyokap gw yang ikut tinggal di rumah itu ada dua orang, yang satu Islam dan yang satunya lagi Kristen Protestan. Nah tante gw yang Kristen juga sering ngajak gw ke sekolah minggu, tante gw yang satunya lagi juga sering ngajak gw pengajian ke masjid jami’.
Tapi mungkin karena factor hidayah jadinya gw lebih tertarik masuk Islam. Tapi yang luar biasa dari nyokap gw, bagaimana dia sangat toleransi dengan keyakinan lain..pas waktu puasa nyokap juga yang masak buat buka puasa dan sahurnya. Dan nyokap juga ikut puasa lho..hehe. Yang lucunya lagi kalo sdh masuk waktu salat pasti nyokap yang selalu ngingetin untuk salat kepada anak2nya. Kalo gw ntar-ntar di suruh salat..wah nyokap bisa marah banget!! Dan yang pasti marahnya itu sambil sedikit ceramah kalo salat itu kewajiban kita pada Tuhan..jadi tidak boleh ditunda-tunda lagi.
Ada hikmah yang luar biasa besar yang sekarang ini gw bisa ambil, kalo toleransi itu bisa di ajarkan dan di praktekan dari tingkat terkecil dari suatu komunitas masyarakat yaitu keluarga maka kedamaian yang menyeluruh juga bisa di wujudkan. Tidak ada lagi orang gontok2an karena perbedaan faham dan keyakinan seperti yang terjadi di Poso, dll. Sungguh mengerikan!!salam damai..To be Cotinued yach

Tidak ada komentar: