Selasa, 11 Maret 2008

Cerita Tyo

Si Bocah Membawa Hikmah

Gue pernah denger cerita niy..tapi gue agak2 lupa gitu tapi pesannya ketangkap juga siy. Konon di tahun kapan n daerah mana gitu, gue juga lupa..ada seorang anak kecil yang sedang berjalan, tiba2 si bocah ini papasan ama seorang pemimpin umat waktu itu (yang jelas umat Islam tapi di masa Khilafat siapa gue lupa) lalu sang pemimpin menyapa dengan kata2 “hati-hati nak kalo lagi jalan, ntar bisa jatuh lo”,tapi tiba2 dengan tidak diduga si bocah kecil ini nimpalin dengan berkata:”kalo saya jatuh tidak apa2, tapi kalo Al-Mukarram yang jatuh karena suatu hal maka umat akan kecewa”.


Nah lo..seorang bocah berani2nya nimpalin gitu yach?!? How dare you!! Hehe..itu kalo gue yang ditimpalin kale. Tapi tidak dengan Al-Mukarram ini, dia merasakan mendapat hikmah yang sangat dalam dari kata2 bocah ingusan ini. Dan hal ini dijadikan pesan berharga, seolah-olah dia menemukan mutiara yang berkilauan..cie..cie,puitis bener nih.Tapi beneren loh, kalo waktu itu gue yang ditimpalin kaya’ gitu..wah jangan2 sikap reaktif nya yang merespon.
Kadang kan kita gak sadarin juga. Jadinya emosi aja deh. Nah kalo mo jujur, kita niy sering ngalamin hal-hal yang kaya’ gini kan? Tapi tentunya responnya beragam lah. So kalo menurut gue kita bisa dapat hikmah dan pelajaran yang berharga dari siapa dan apa aja. Dari anak kecil, laki2, perempuan, orang tua, bermacam-macam etnis dan suku bangsa, orang yang berbeda keyakinan dan kepercayaan ama kita. Bahkan Tuhan pun memerintahkan kita untuk belajar dari alam semesta dan semua ciptaan-Nya. Wah..wah jadi serius amat siy  tapi yang jelas Nabi Muhammad s.a.w prnah bersabda “Hikmah adalah sesuatu yang hilang dari umat mukmin” jadi kita disuruh cari hikmah darimana aja selama itu bener2 membawa kebaikan untuk kita. Kalo yang mendatangkan mudharat jangan dicari..hehe, biasanya siy yang kaya’ gitu datang dengan sendirinya coz mo menggoda kita kan?Truz tergantung kita nya lagi deh, mo tetep say “NO” or say “YES”kepada keburukan.
Banyak pesan yang kita bisa tangkap dari cerita tadi, bahwa kalo yang namanya sdh jadi pimpinan niy kadang2 gak terasa ada sikap egois yang biasanya mulai muncul. Maunya maen perintah and gak pernah mau denger masukan dari bawahan. Dia menganggap pendapatnya selalu bener dan yang lain tidak bener..jadinya dictator gitu deh. Nah kalo ada pimpinan yang begini, tinggal nunggu aja kehancurannya..cepat atau lambat!!Yang jelas apapun bentuknya suatu hal itu jangan pernah melihat dari sisi siapa yang ngomongnya tapi apa yang diomongkannya itu yang harus diperhatikan supaya kita bisa menjadi orang yang luas pemikirannya, pemahamannya, hatinya dan diterima dimana saja kita berada. Wa Allahu A’lam Bishawab.

1 komentar:

Elsa mengatakan...

hhm, bagus juga!
keren... keren....