Rabu, 12 Maret 2008

Cerita Pagi

Kisah Seorang Zuhud yang Diuji oleh Tuhan

Alkisah di negeri antah berantah ada seorang yang sangat zuhud dan terkenal sangat tawakal. Hari demi hari dihabiskannya hanya untuk beribadah kepada Tuhan dan keyakinannya terhadap kekuasaan Tuhan begitu tingginya sehingga setiap waktu dia selalu membasahi bibirnya denga berdzikir kepada Tuhan. Tapi apakah orang yang demikian tidak lagi mendapat ujian dari Tuhan? Justru karena tingkat keimanan dan ketakwaanya yang sudah sedemikian rupa maka Tuhan pun mengujinya dengan ujian keimanan yang lebih berat lagi tapi sebagai hasilnya kalau dia lulus maka Tuhan pun akan mengangkat derajat keimanan dan ketakwaannya di sisi-Nya.


Singkat cerita examination pun akan dihadapi oleh sang Zuhud ini. Ketika dalam perjalanannya ke suatu tempat maka dia pun harus melalui hutan rimba belantara untuk sampai ketempat tujuannya. Lalu tiba-tiba tanpa disadarinya dia terperosok dan masuk ke jurang tapi Alhamdulillah dia masih bisa berpegangan dengan satu dahan pohon sehingga dahan itupun telah menyelamatkan nyawanya.

Tapi masalah tidak berhenti sampai disitu karena dia tetap harus menyelamatkan diri supaya tidak jatuh kedasar jurang karena dia hanya berpegangan dengan satu dahan pohon saja. Maka karena kezuhudannya dia pun berdoa kepada Tuhan dengan rintihan doa yang menyayat hati : “Ya Tuhan hanya kepada-Mu lah aku berserah diri dan hanya kepada-Mu lah aku memohon pertolongan dan keselamatan. Maka selamatkanlah aku dari mara bahaya ini.Amiin.” Lalu tidak berapa lama terdengarlah jawaban doa dari Tuhan sehingga terdengarlah suara yang berasal dari langit dan membahana ke seluruh hutan rimba tersebut: “Aku pasti akan menolong hamba-hamba-Ku yang berdoa kepada-Ku dan bertawakal kepada-Ku, maka terjunkanlah dirimu kedasar jurang niscaya engkau akan selamat” maka kemudian menghilanglah suara itu. Lalu apa yang terjadi dengan san Zuhud ini setelah mendengar jawaban lansung dari Tuhan? Satu respon yang tak diduga dan tak terprediksi dari sang Zuhud, dengan secepat kilat dia berteriak lagi dengan suara sekeras-kerasnya :”Heeeey..ada lagi orang lain yang bisa menolong saya, tolooong..tolooong selamatkan saya.”

Satu peritiwa yang sangat mengejutkan, ketika seorang yang sangat terkenal kezuhudannya dan ketawakalannya tiba-tiba bisa bersikap seperti itu setelah mendengar jawaban langsung dari doanya kepada Tuhan. Padahal Tuhan telah menetapkan jalan keselamatannya tapi karena keraguan dan kurang yakinnya dengan kekuasaan Tuhan sehingga dia pun akhirnya berteriak untuk meminta tolong kepada manusia ciptaan Tuhan padahal nyata-nyata di hutan belantara itu tidak ada satu manusiapun yang lain selain dia.

Jadi sang Zuhud Ilallah inipun tidak lulus ujian dari Tuhan. Hal ini kapanpun bisa terjadi kepada kita, oleh karena itu tidak lain dan tak bukan hanya dengan kekuatan doa sajalah kita terus memohon kepada-Nya, mudah-mudahan Dia selalu bersama kita dan dalam kondisi yang bagaimanapun sulitnya kita tetap bisa bertawakal dengan benar. Amiin. WaAllahu a'lamu bishshawwab

Tidak ada komentar: